Pages

Minggu, 18 September 2011

“ARE WE FRIENDS? NO, WE ARE FAMILY”

Kata-kata diatas adalah kata-katanya Koti saya yang disampaikan buat angkatan.
Koti alias Koordinator tingkat, atau bahasa awamnya sih ketuanya angkatan gitu deh. Entah kenapa saya juga suka kata-kata ini. Dulu waktu SMA guru conversation saya juga pernah bilang yang mirip2 ini. Tapi rasanya kata-kata diatas itu ‘wow’ banget. (halah)
Lalu, kenapa saya mengangkat soal kata-kata diatas
Soalnya saya mau sedikit cerita tentang Angkatan saya zaman kuliah ini..
Oh iya, as my blog named,”Randomized Bloggging trial’, maksudnya yang saya tulis disini random abis. Nggak berdasarkan bukti Ilmiah kayak Randomized Control Trial. Ini semata-mata uneg-uneg saya sebagai salah satu anggota PD09UNS (oke, nama angkatan saya emang plain banget, nggak punya sebutan maupun julukan)
Ngomong2 soal nama angkatan, dulu sih sempet tercetus kalau nama angkatan kita itu Ndorland. Diambil dari nama kamus kedokteran super gaban—Dorland, yang saking gede dan tebelnya jadi punya multifungsi, buat bantal dan nyambit maling motor. Ndorland sendiri kepanjangannya ‘Anak Kedokteran Nol Sembilan’à standar.
Terus, tak lama kemudian, muncul istilah PEDIS (bahasa umumnya ‘delamak an sikil’) alias telapak kaki. Kepanjangannya juga sama, PEndidikan Dokter nol Sembilan (terus huruf ‘I’-nya masuk mana ya?)
Dan begitulah, dengan rancunya nama angkatan kita,jadinya kita malah nggak punya nama angkatan. *sigh
Nah, berlanjut soal jargon, Angkatan 09 punya jargon,
“BISA, BISA, PASTI BISA!!!’
Kalau seingat saya jarkon ini popular saat FK UNS jadi tuan rumahnya SMC (Solo Medical Cup) dimana kita jadi tuan rumah plus panitia. (ah, masa-masa itu…..)
Awalnya sih saya ngerasa biasa aja sama angkatan. Tiap ada kumpul-kumpul pasti masih ngeblok-ngeblok, si ani pasti deket si anu. Si itu pasti nempelya ama si ini. Intinya belom bisa nge-blend. Mana pula orang-oragnya pun terbelah menjadi:
  1. Tipe pengurus angkatan: ini tipe tipe yang aktivis banget. Tiap ada acara angkatan, atau oraganisasi apapun pasti terlibat dalam event. Pagi, siang, sore, adaa… aja di kampus (kasur kosan harusnya dibawa sekalian). Tipe manusia ini adalah tipe yang ‘sibuk menyibukkan diri’.
  2. Tipe penasihat: biasaya orangnya dibalik layar, ngasi ide-ide soal angkatan kita harus ngapain, kalo ada acara ini itu enaknya diisi apa, de el el. Orang ini biasanya deket ama ‘pentolan-pentolan’nya angkatan.
  3. Tipe Peserta : nah. Yang ini biasanya tipe-tipe yang ‘agak pasif’. Jarang kelihatan keluyuran dikampus disaat diluar jam kuliah. Biasaya sih study oriented atau ngelayap oriented. Kadang berat hati kalau harus ngurus acara angkatan tapi kalau tinggal dateng acara dan meramaikan suasana, tipe ini patut diandalkan.
  4. Tipe Apatis : nah, ini yang paling parah. Jarang keliatan. Kalau ada acara angkatan jarang banget datang (atau malah belum pernah). Mungkin karena kesibukan di luar kampus, saya juga nggak tahu. Yang jelas ada sebagian kecil yang begini. Hidup memang soal prioritas…


Nah, kamu masuk yang mana?? Secara umum saya yakin di tempat lain juga bakal ada temen-temen kalian yang seperti ini. Tapi itulah yang membuat angkatan kita berwarna.ya kan? Difference makes diversity!
Beberapa waktu lalu (hari kamis), angkatan saya ngadain halal-bihalal.Telad banget emang, tapi kan masih bulan syawal. Jadi wajar dong J. Pas halal bihalal ini saya merasa, “kok cepet banget yah?” rasanya saya kayak sudah beranjak tua. Taun depan mungkin bakal jadi halal bihalal terakhir angkatan saya. Padahal rasanya baru kemarin saya masih canggung-nanggung sama temen-temen pas jaman ospek atawa osmaru.
Be de we, Tahun ketiga, kalau di kampus saya adalah tahun sibuknya angkatan. Pada tahun ini banyak banget acara gede yang harus di-handle angkatan, yaitu:
  1. Baksos Angkatan (bakti Sosial Angkatan). Baksos ini buat angkatan baru, tapi panitianya dari kita.
  2. Porsanti, yaitu Pekan Olahraga, seni, dan kreasi (kayaknya). Intinya kayak Pensi waktu SMA. Tapi ini lebih kompleks dan ‘nggak penting’ lomba-lombanya. Misalnya nih, lomba PES, missing lyrics, ndandanin cowok, video lipsync, ampe sepakbola sarung. Taun depan mau usul lomba pantun, cerdas cermat FK, n lomba video jahil ahhh.. *evilsmile.
  3. Ospek atau osmaru buat maba. Ini acara puncak dan ditunggu-tunggu. Masih penasaran saya cocoknya jadi apa yah? Kalau tampang sie dis (sie disiplin) kayak nya udah di dis duluan.hhehe. mungkin saya tampang-tampang malaikat yang jadi LO buat adik-adiknya aja laah


Kembali ke soal halal bihalal angkatan. Menurut saya acaranya sih lumayan seru… ada sharing and rapat angkatan ngomongin proker-proker angkatan diatas, makan tumpeng bareng (1 tumpeng 7 orang. Blenger dah!), tuker kado, nyanyi lagu ospek bareng, salam-salaman dan foto-foto…

Hayoo... saya yang manaa?


Ini angkatan saya, PD 09 UNS


Waktu nyanyi lagu ospek bareng, rasanya seerr… banget di hati. Kayak kita tuh satu keluarga. Terlepas dari seluruh persaingan akademik, dendam pribadi, atau masalah apapun. Rasanya lagu ini dapat mempersatukan kita. Lagu ospek kita dibuat ama angkatan yang ngospek kita, yaitu angkatan 2006. Ada soundtracknya lohh.. tapi saya lupa saya naruh filenya dimana. Waktu saya search, yang nongol malah rekaman saya nyanyi lagu ospek jaman jadul.haha
Overall, makin lama saya makin cinta sama angkatan saya. makin ngerasa kalau angkatan kita juga solid, lucu, pinter, kompak, dan.. special lah pokoknya!
PROUD TO BE A PART OF PENDIDIKAN DOKTER UNS 09 FAMILY
So, are we friends?
No, we are FAMILY…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)