Pages

Senin, 13 Agustus 2012

CHIASMA OPTICUM

ini bukan cerita tentang apa itu Chiasma Opticum, sorry, blog ini bukan soal materi perkuliahan. *lagak lo fik*
lalu  apa itu Chiasma  Opticum?

Chiasma Opticum adalah nama Sie Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi di Acara Cranium 2012. Apaan lagii tuh Cranium? itu sebutan untuk  acara Ospek atau Osmaru (orientasi Mahasiswa baru), di  Prodi saya buat angkatan 2012.

Kita sengaja ngambil nama Chiasma Opticum soalnya catchy banget didenger,lagipula  sesuai dengan filososfis kita sebagai si PubDekDok (PDD) kalo pake nama  ini. Seperti yang kalian tahu (atau kalian baru tahu),kalau chiasma Opticumvadalah tempat persilangan dari saraf2 penglihatan.Intinya ntar jaras  penglihatan akan ada 'jembatan'nya disini sebelum diolah diotak.  nah, seperti itulah tugas kita. tugas kita menjembatani.mengolah apapun yang kita lihat menjadi 'produk' yang lain, misal,foto,video,film, bentuk dekorasi, web,blog, dan lain-lain. (duileh)

jadi disini saya mau share sedikit tentang  peran kami dalam kepanitiaan ospek kali ini. banyak yang ingin saya ucapkan lewat jarkom ke temen2 saya satu Sie,  tapi kayaknya nggak cukup lega,jadi deh, saya posting blog aja. sekalian nambahin postingan.haha *krik*

Kenapa saya bisa terdampar di PDD? sebenernya saya nggak terlalu ekspert dalam bidang beginian. Kemampuan IT pas-pasan, bikin desain jg begitu2 aja, gadget nggak punya,intinya fasilitas saya bisa dibilang sangat minim. Hingga pada suatu ketika,  temen saya Fanny manggil dan ngajak ngobrol. Saya sih udah hawa nggak enak, eh,ternyata bener, dia minta saya jadi koordinator PDD.
"WHAT?!" I said.
"APAAAH?!?!"kata saya
"MWOYA?!?!"kata saya pake bahasa korea *oke ini lebay*

tapi setelah 'diyakinkan' begini begitu akhirnya saya manggut. (dan berpikiran bahwa,oke,ini skripsi bakal mundur lagi kayaknya).  terus ya gitu deh, akihirnya rapat koor,dapet jobdesc (bukan dobdesk, atau jobdeks lho  ya!). Lalu setelah dipikir-pikir PDD terdiri atas 3 kata,  yaitu P (Publikasi), D(Dekorasi), dan D lagi (Dokumentasi). Mann... banyak amir! dan setelah di breakdown tugas2nya, jadinya seperti ini:

  • Publikasi: Bikin web buat osmaru,  Mengurus registrasi online Maru, Membagi pamflet undangan osmaru, bikin twitter osmaru, jadi CP osmaru, update info twitter dan di web, de  el  el.*pingsan*
  • Dekorasi: Bikin dekorasi indoor dan outdoor selama osmaru, bikin spanduk dan backdrop osmaru,bikin moodmeter buat maru-nya sebagai penilai mood maru saat itu,bikin desain baju,bikin logo osmaru,beli confetti buat acara puncak.*mulai koma*
  • Dokumentasi: Foto2 preosmaru dan saat osmaru, bikin video perkuliahan di FK,bikin video selama  osmaru,bikin themesong osmaru *keluar busa*
rasanya pingin banget lempar meja saat itu. dan well,udah bisa ditebak, nggak ada namanya liburan sebelum ni osmaru kelar.

Tapi alhamdulillah, selama menjalani tugas2 ini saya banyak dapet kemudahan,maka lewat postingan ini saya mau bilang banyak terima kasih buat mereka2 yang udah ngebantu saya.
  1. Sebelum anak2 di Sie saya kebentuk, temen saya, el,udah ngebuatin web osmaru.  awalnya sih di blog biasa gitu. terus kita ngelobi pegawai IT fakultas buat bikin domain osmaru pake domain fk.uns.ac.id, dan dapet ACC, cap cus deh.  kan kesannya keren gitu.. dan formal. #aseek.kalo udah ada webnya,tugas saya lbh mudah karena saya tinggal posting2 aja, paling ngubah2 dikit,tp mostly saya terbantu banyak. ini web-nya osmaru Pendidikan Dokter UNS yg rencananya insyaallah bakal diturunin buat angkatan2 berikutnya: web osmaru
  2. Terima kasih jg buat temen saya Trisna dan man.emperor yang udah bantu bikinin logo. karena imejinasi saya cuma sepanjang bulu mata,jadi saya serahkan ke  mereka, Meski ada 2  logo yg masuk dan yg dipilih punya si man.emperor, saya appreciate bgt ama kerjanya Trisna. makasih banyaak.akhirnya jadilah logo cranium yang ciamik kayak gini:
  3. Logo Cranium 2012
  4. Terima kasih ketiga buat Haydar,temen saya yg jenius soal musik, yang udah ngebuatin themesongnya Osmaru.Awalnya hanya instrumen aja. saya terbantu banyak karena saya tinggal  bikin liriknya aja. tp hbs itu ya ada yg di revisi dikit sih sama dia.hhehe.Intinya makasih buat aransemen dan lagunya. nah.. ini nih kalo mau denger lagu themesong-nya osmaru cranium yg ga kalah ciamik: download disini .vokalisnya jg temen saya itu,dan tiap kali dia nyanyi, kita selalu tereak,"HAYDAAAR!" *oke ini norak*. ;p
  5. Nah, terima kasih yang terakhir buat temen2 saya satu sie.yang keren2 abiss..  yang gokil, lucu, kreatif, inisiatif, pokonya keren abis (diulang lagi). Jujur selama saya di acara2 sebelumnya, saya belum pernah dapat partner yang bisa bikin heboh dan se-have fun mereka. rasanya kerja saya nggak beban, koordinasinya baik,dan,yaah... nyenengin banget pokoknya.Awalnya saya agak sedih karena anggota sie saya sangaaat dikit.awalnya 14 orang,hilang 3  orang mengundurkan diri, dan ketambahan lagi 2 orang dari sie lain.Padahal total panitia kami ada 160 -an orang. so, itu ga ada 10 persennya. *nangis di pojokan*. Nah, akhirnya anggota kami ada 14 (termasuk saya),yang terdiri atas selusin wanita dan sepasang pria. So I wanna thank  to them for these:
  • Alva, Annisa,Hanif, Aya:  makasih buat semua informasinya. update dari kalian cepet banget,dan selalu laporan.
  • Rizky, Imah,Ardi, Asti: makasih buat dekornya,ngeprin2, nyetak backdrop, masang2 dekor.kalian telaten sekaliii...
  • Faiz, Aryo:makasih video  FK-nya.. aduh, nggak sabar pingin di publish. itu video kalo dijual ke fakultas laku banget pasti.secara syutingnya oke banget. Salut buat faiz dan temen saya Prima yang ngebuat dan ngedit filmnya sampe bela2in nyari macbook yg spec-nya oke.hhehe
  • Intan, nindy nurul: terima kasih atas rekapan registrasinya.  rekapan foto,dan semua yang dilakukan di web.:)
  • Secara umum  saya salut sama teman2 yang selalu laporan tentang progress masing2,respon cepat tiap saya SMS, dan selalu izin dan minta pertimbangan saya tiap ada sesuatu. Saya merasa dihargai disini :')
  • Saya salut pada setiap inisiatif temen2.Kreativitas ngambil dokumentasi sat hari-H. intinya saya cuma ngasih pengarahan sedikit,tp temen2  udah pada jalan dengan baik.
  • Saya salut pada tiap lelucon, guyonan, ke-gayeng-an selama jaga basecamp. tawa2dan humor garing nan crispy. plesetan2  garing,tebak2an akun twitter,dan lain-lain.  Ini akan kita rindukan suatu saat nanti
  • Saya juga salut pada solidaritas dan kepedulian temen2,yang kerasa banget saat akan pemutaran video di klimaks. Saat ada kesalahan teknis, dan temen2 sengaja ga makan buka puasa dulu demi nungguin produce film selesai.Ikutan huru-hara pas videonya ga mau diputer dan ga keluar suaranya. nge-pukpuk saya  yg udah tension tinggi dan hopeless gara2video ga mau diputer dan laptop yg udah nyetrum2.Thanks for all :')
Nah,inilah dia  persembahan terakhir dari kita,Chiasma Opticum, buat penutupan Ospek CRANIUM 2012. mau lihat video hasil kerja keras dan huru-hara kami? Klik disini

Terakhir saya tak lupa juga minta maaf kalo selama  ini ada miss-koordinasi, atau ada kata2 yang mengganjal di hati, kurang mengenakkan (kan saya kadang suka ceprot2 juga kalo ngomong).tapi asli kok,  saya nggak pernah marah, dendam, atau sebel sama kalian semua.Maaf kalo adafoto yg belum dimasukin ke video, tugas2 lain yang mungkin terlupakan, dan lain2. Intinya saya menghargai semua kerja temen2 semua. GOODJOB!! DAEBAK!!

last,ini lah mereka,temen2 yang keren,keluarga sachiko,(karena tiap detik kita ngomong selalu disisipin kata 'sachiko' yang sebenernya kita juga ga ngerti apa artinya). Akhirnya muncul juga plesetan kalo SACHIKO adalah Saranghae Chiasma Opticum:

Chiasma Opticum (Sachiko's family)

Foto di depan CRANIUM MOODMETER
karena kita ga ada yg moto-in,kita foto sendiri lah ;p

Terima Kasih semuanya...
manhi Gomawoyo...
Thanks a lot...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)