Kamis, 18 Agustus 2011

Antara Super Junior, BSB, dan N SYNC


Oke, first impression: Pasti ini soal boyband.

Harus saya akui kalau saya emang sangat suka sama BoyBand. Dan bagi saya, Boyband adalah kelompok penyanyi yang patut untuk diidolakan *halah. Just as another ordinary girl, pasti saya dikiranya, “ah, lu sama aja kayak cewek ababil yang jerit-jerit liat cowok cakep”. Eits, nggak sembarang BoyBand saya suka Lho... Jujur saya suka BoyBand karena mereka membuat saya termotivasi dengan cara yang tidak biasa. More or less, mereka mengubah dunia saya juga. These are how they change my world…

1. 1. Backstreet Boys

You can tell I am jadul. Hare gene masih suka ama BSB? Come on… tapi BSB adalah Boyband yang saya suka pertama kali dalam hidup saya sebagai manusia (emang sebelumnya saya apaan?). Jadi ceritanya saya baru pertama kali kenal BSB tahun 1999-2000. Waktu itu lagi hot-hotnya album Millenium. Saya suka BSB berawal dari sepupu saya yang ngajak saya sama-sama dengarin kaset BSB. Saya suka sama lagu Í want it that way karena easy listening gitu.

Nah, suatu ketika saya pernah liat MV (music Video)nya I want it that way di Ind****r, acara music pagi gitu deh. Waktu itu saya nggak masuk sekolah gara-gara sakit.

Nah, pas pertama kali ngeliat MV-nya tuh berasa.. um.. berasa kaya apa yaah.. rasanya tuh kayak kalian gag bisa kedip saking amaze-nya! Terutama saya tersepona sama gayanya abang Nick carter pas nyanyiin line ini,

“but we..are two world..”

*Sambil blinking his eyes.

Itu membuat saya umm,.. berasa.. berasa apa yaa… berasa kayak ketemu cowok cakep!

Jadilah keesokan harinya saya nekat bolos sekolah (lagi) dengan alasan ‘sakit’. Saya mohon2 sama Ibu saya kalo saya masih nggak enak badan. (padahal aslinya habis lihat MV kemarin tubuh saya mendadak sembuh). Demi apa sodara-sodara? Demi bisa ngeliat MV-nya BSB diputer lagi di Ind***ar keesokan harinya!. Bleh! Segitu ngebela-belainnya sayaa… *heran

Setelah itu, hunting lah saya all about BSB mulai dari kaset, VCD (dulu jamannya VCD lho yaaa), ampe berita2 seputar mereka di majalah. (including poster).

Tiap hari sepulang sekolah, saya fardu’ain buat soal Ashar (iyalah) terus lanjut dengarin kaset BSB-Millenium dari Sida A ampe side B sambil baca teksnya. Saya berniat bakal ngafalin lagunya. No matter what! Saya yang masih keseleo-keseleo nomong bahasa inggris, cuek aja.

Secara saya masih kelas 2 waktu itu. Tapi lalu akhirnya saya sadar, BSB membuat saya menyukai bahasa Inggris, a lot!

*thanks to you, abang nick carter!

Setelah saya afal lagunya, berlanjutlah saya mulai translate lagunya. Penasaran ama lagu-lagunya BSB tuh maksudnya apa. Eh, ternyata so sweet-so sweet! Cek deh track Perfect fan—yang ngebuat saya makin sayang ama Ibu, I need you toninght, sama show me the meaning of being lonenly. Saya makin suka ama mereka dan mulai mengikuti BSB mulai album pertama. Berhubung kasetnya udah g beradar lagi, saya cuma hunting VCD-nya. Ternyata BSB emang sooo Swiit!!! Liriknya dalem dan ehm, membuat saya makin pinter ngegombal lagu cinta *halah!

Best Track ever:

Quit Playing games(with my heart), I’ll never break you’re heart, Larger than life, I want it that way, show me the meaning of being lonely, perfect fan, drowning, incomplete, inconsolable, shape of my heart, all I have to give)

2. 2. N Sync.

Nah, nggak lama setelah BSB, saya demam N Sync. Gara-garanya sama, saya lagi main ke tempat sepupu saya dan dia memperkenalkan saya sama N Sync. Awalnya saya nonton VCD konsernya N sync di Medison Square Garden tahun 2000. Tahu kan itu konser wahh banget! Panggung seper gede dan super outstanding!

Saya mangap-mangap ngeliat dance-nya N Sync yang keren abis dan suaranya JC Chasez yang melumerkan hati. I totally in love with him since then! Hampir tiap hari dirumah sepupu saya itu saya nonton Konsernya N sync over and over againà dan nggak bosen *saya juga heran!

Terus diperkenalkanlah saya ama kasetnya di album No strings attached. Pas liat foto-foto personilnya saya langsung tunjuk wajah paling cakep ya Lance Bass, tapi kalo suara udah barang tentu mas JC Chasez is the best, baru Justin di urutan kedua (habis wakktu itu dia masih kriwil gitu rambutnya, lagipula saya lebih suka tipe suara 'berat' daripada yang 'cempreng').

Hal yang saya suka dari N Sync ya semuanya. Lagu-lagunya yang energik dan so sweet, sampai ke dance nya yang—sumpah-keren-abis—itu. Terus, yang bikin saya tambah amaze, suara JC ama Justin tetep konstan meskipun mereka nyanyi sambil nge-dance! Eventough mereka udah nggak produktif lagi sekarang, (atau meraka udah bubar), saya tetep merasa, N Sync selalu ada tempat di hati saya *duile.

Best track ever:

I want you back, I drive myself crazy,God must have spend a little more time on you, tearin’ up my heart, music of my heart, It’s gonna be me, Bye bye bye, This I promise you, I’ll never stop, Pop, Gone, Selfish, Girlfriend

3. 3. Super Junior

Kalo yang ini masih hot-hotnya (sampai posting ini diturunkan).

Jujur, saya sebenernya BENCI KOREA! Sure, it does!

Saya heran sama temen2 kos saya yang tiap hari muterin Sorry sorry, Bonamana, dan—entah lagu apalagi—sampai-sampai saya mimpi bahwa lagu itu jadi soundtrack dalam mimpi saya waktu saya tidur. (Balakangan ketahuan bahwa waktu saya tidur, temen kamar sebelah lagi muterin lagu itu kenceng-kenceng). Saya benci korea, dan saya benci, Super Junior!

Pikiran saya waktu itu,

“Ih, apaan sih ini, orang sipit-sipit semua, muka sama, lagu gitu-gitu aja, suara bisaa , ber-tiga belas lagi. Nggak rempong apa? Boyband kok lebih dari selusin”. *jahat banget nggak sih saya?! But it’s indeed my trully tought about them.

Saya emang suka boyband. Tapi bukan boyband Korea. Setelah BSB ama N Sync, saya suka Westlife, blue, boyzone ama A1. Saya suka bukan karena mereka cakep. (sebenarnya iya juga sih, boong kalo saya bilang mereka nggak cakep), tapi saya suka mereka karena suaranya, dance-nya, lagu-lagunya yang deep dan easy listening. That’s why I love them!. Lha kalo korea, I don’t hell know what they’re talkin’ bout!

Jadilah saya memalingkan muka tiap temen-temen kos pada ngomongin Suju dan kawan-kawan. Saya cuma suka nonton film korea (bukan drama), soalnya film korea masih suka bikin saya mewek Bombay saat saya lagi pingin menggalau.

Sampai akhirnya… it’s Flipped!

Saya kena karma..

Ini berawal dari suatu hari di tahun 2011 sekitar bulan Maret, saya lagi bosen banget sama MV yang saya punya di komputer. Saya koleksi MV lagu-lagu western favorit saya. Tapi lama-kelamaan Saya bosen liat itu-itu saja. Akhirnya, saya datang ke kamar temen kos saya, minta MV yang dia punya. Eh, ternyata dia cuma punya MV korea. Berhubung saya Cuma tahu Suju dan SNSD. saya Cuma ngopy itu aja.

Terus saya ke kamar.

Nyaalain omputer

Ngeliat file ‘super Junior-No other.mp4’

Saya puter…

*Hening*

Ngerasa biasa aja…

Waktu itu, next tracknya juga no othernya Suju, tapi dengan teks romanisasi dan English translation.

*Ngamatin teksnya*

Gila!! Lagunya punya arti yang bagus. Saya jadi suka ama lagu no other. Kesannya so sweet banget. Terus rasa penasaran saya mulai nambah,

*nyoba-nyoba nyanyiin lagunya*

Hasilnya saya keseleo pipi. Sulit banget ya nyanyi bahasa korea itu…

bilang “neo gatteun saram tto eopso” aja saya nggak bisa. Tau sendiri kan reff-nya no other tu cepet banget. Walhasil saya pun jadi tambah penasan. Saya puteeer…terus berulang-ulang sampai saya khatam nyanyiinnya.

Setelah 249 kali putaran (oke, nggak segitu juga kalee). Saya akhirnya bisa nyanyiinnya sodara-sodara! *bangga

Selama kurun waktu saya muter MV-nya berulang-ulang, lama-kelamaan saya juga meresapi suara-suaranya. Dan akhirnya saya jatuh cinta sama…….

Kyuhyun.....

Yup, saya udah langsung lemes liat senyum dia dan suaranya yang High pitch! Jadilah saya mulai mengamati KyuHyun di MV-MV Suju yang lain. Hasilnya.. saya makin jatuh cinta!haha

Lalu saya mulai peduli sama lagu-lagunay Suju. Saya mulai tahu liriknya Sorry Sorry, Bonamana, Marry You, HaengBok, hingga lagu paling jadul: Miracle. Dan betapa saya suka ama lagu Miracle ini. Enaaakk aja buat dinyanyiin.

So, saya (akhirnya) mengakui kalau lagu-lagunya Suju itu worth to listen dan bagus-bagus juga. Dan saya (juga akhirnya) mengakui bahwa dance-nya Suju itu keren abis dan bikin saya nggak bosen. Saya tersepona dengan dance sorry-sorry bagian tilting hand-nya. Keren!

Tapi nggak seru aja saya suka Suju tapi personil yang saya tahu cuma KyuHyun dan ‘ada yang gendutan dikit 1 orang’. (Belakangan saya tahu juga kalo itu shindong). Jadinya, saya mulai mencocokkan nama dan wajah mereka di MV. Agak sulit memang, yang kelihatan beda cuma KyuHyun aja (mata saya udah dibutakan).haha.

Jujur saya bingung ngebedain wajah mereka pada awalnya. Saya ngerasa Donghae dan Heechul mirip, Sungmin dan yesung mirip. Siwon emang beda sih, saya juga udah nge-spot Si Won sejak awal sebagai yang paling Shiny. Tapi lama-lama saya jadi bisaa aja karena kecakepannya Si Won yang nggak manusiawi!

He is too perfect!! While I like the one who make his imperfection seems perfectly to me. *halah. Saya juga nggak ngerti saya barusan bilang apa.

Akhirnya setelah saya mengenali satu-satu, saya mulai mepelajari tentang Suju Sendiri. Dan saya akhrnya tahu kalau Suju punya Sub-Grup seperti SJ-M, SJ-T, SJ-H, dan SJ-KRY.

Nah, cerita berlanjut pas saya lihat MV-nya Super Girl.

“itu sapa ya yang rambutnya agak ikal and panjang?cute banget”, dan itulah saat pertama saya jatuh cinta (lagi) sama Donghae! Haha.. terus saya jadi ngamatin Donghae. Dari segi suara emang masih dibawah KyuHyun, tapi saya harus bilang lama-lama Donghae looks more charming than KyuHyun…! Jadilah saya mendeklarasikan bahwa saya juga fans-nya si ikan yang satu ini. Love you my Fishy Donghae! *mulai jadi ababil

Satu hal lagi yang saya suka dari Suju dan membuat saya tambah suka, yaitu tingkah mereka yang kocak, nggak tahu malu, dan apa adanya di tiap reality show yang melibatkan mereka. Saya akui Leeteuk dan Eunhyuk yang paling koplak dan blak-blakan di reality Show. Awalnya saya mulai nonton reality Show mereka yang berjudul Exploring Human Body atau EHB. Waktu nonton EHB saya dibuat ngakak guling-guling, dan saya jadi lebih intens mantengin Donghae. (you should watch it! Highly recommended! Selain bikin ngakak, ada pengetahuan seputar sistem tubuh kita juga lho…)

Oh ya, Personally, Donghae lah yang memotivasi saya buat belajar bahasa Korea. Kok bisa? Waktu saya ngelihat donghae di EHB, saya berasa kayak, “aku pingin bisa ngomong kayak gitu”. Dan mulailah saya hunting buku bahasa korea dan belajar nulis…Hangeul.

Nggak nyangka juga saya begitu ngebela-belainnya. Saya juga heran saya bisa termotivasi belajar nulis hangul dan bahasa korea hanya gara-gara seseorang. But it does work! Alhamdulliah saya udah bisa ngeja-ngeja, baca tulis hangul dan ngerti dikit-dikit bahasa korea.

Sebelumnya saya cuma tahu: annyonghaseyo, saranghae, gomawo, mianhae chingu dan daebak. Umum banget kan? Pokoknya thanks tou you Donghae oppa, just as Nick carter yang memotivasi saya bahsa Inggris, kamu telah memotivasi saya bahasa korea J

Best track ever:

Miracle, Haengbok (happiness), Marry you, Don Don’t, Wonder Boy, U, Cooking Cooking?!, Sorry Sorry, Shake it up, Bonamana, No Oher, Neorago (it’s you), Boom Boom, Shake it up!, Blue tomorrow, Super girl, Perfection, Mr. Simple, Superman

Jadi, begitulah meraka mengubah dunia saya. BSB adalah boyaband pertama yang saya suka dan saya kenal. Mereka membuat saya mau belajar bahasa inggris, menghafalkan lagu barat, dan membat saya suka sama lagu-lagu barat dan membuat saya pingin ke amerika. Begitu pula dengan N sync, membuat saya pingin menginjakkan kaki di Medison Suare Garden.

Super Junior, dengan cara yang ajaib membuat saya menyukai bahasa korea, budaya korea, dan mebuat saya pingin ke korea juga. Mereka juga mengubah pandangan saya menjadi,

“cowok asia, terutama korea ternyata cakepnya lebih cakep daripada cakepnya cowok amerika”. *Sebelumnya saya sukanya cakep tipe amerika gitu deh.

Mereka semua membuat hari-hari saya lebih berwarna dengan lagu-lagu, MV, dan konser mereka.

Dan yang paling penting, saya jadi makin percaya, Allah telah menciptakan manusia dengan sempurna. He created those cute guys perfectly, Indeed! Dan saya makin yakin di surga nanti bakal ada cowok yang 1000 kali lebih cakep dari mereka.

*saya mau minta satu copian donghae ah… Boleh ya ya Allah? :P

Thanks to Western and Korean Boyband..You make my day!!

*maaf saya nggak sebut-sebut boyband Indonesia. It’s out of context J

1 komentar:

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)