Pages

Senin, 22 Agustus 2011

CERITA INDOMIE VERSI SAYA

Suatu hari di Bulan puasa, saya ngidaaaam banget makan indomie goreng. Awal-awalnya ngidam gara-gara saya mem-baui indomie goreng yang dimasak sama temen kos saya yang lagi nggak puasa. Bau yang masuk ke hidung saya tentu nggak bisa dilupain begitu aja dooong. Apalagi waktu itu lagi puasa, maka saya berniat, ntar habis buka kudu makan indomie. No matter What!

Nah, tapi sorenya ternyata saya ada acara buka bareng temen-temen BEM saya di desa binaan. Buka bareng anak TPA gitu deh.. Saya ikut aja, itung-itung bantuin ngabisin makanan (lho?). Ngomong-ngomong, desa tempat kita buka bareng tu jauh banget, ya sekitar 45 menit naik motor. Kalau nggak salah nama desanya adalah desa Banjarejo, full of magic (baca:kebakkramat), Karanganyar. Motoran kesana bikin spot jantung. Jalannya rame banget. Banyak bus, truk, trailer, sampai odong-odong, menuh-menuhin jalan kan? Selain itu jalannya belok belok, saya yang emang dasarnya disorientasi arah, untung aja dapet tebengan motornya adik tingkat. Jadi kan saya tinggal ngikut.

Sampai disana, acara buka barengnya sih lancar-lancar aja (Alhamdulillah yah…). Saya dapet takjil, minum es, dan nasi kotak all free! (suka deh saya ama buka gratis ginià dasar anak kos). Tapi meskipun saya udah buka, dan ngerasa kenyang, entah kenapa saya masih tetep ngidam ama indomie goreng.

Jam 8 saya baru sampai kosan. Badan ngilu kena angin malam (salah sendiri nggak bawa jaket), pipi dan muka udah gejala bell’s palsy (saya harus senam wajah habis itu), dan ketika saya masuk kamar saya sadah, oh, Indomie goreng saya udah abis. Saya masih punya mi goreng, tapi ada ‘rasa’nya.. misalnya indomie goreng rasa sate, indomie goreng pedas, indomie goreng cekalang. Saya maunya indomie goreng original!! (sambil mukul bantal)

Berhubung saya malas beli indomie di warung dan malas masaknya juga, saya milih beli Indomie ke burjo aja. Lalu pergilah saya ke burjo

Setting : Sebuah burjo belakang kampus

Time : 20.30 WWB (Waktu Warung Burjo)

Cast : saya, masnya (yang jual), seorang bule

Jadi ceritanya saya sampe burjo, terus pesen Mi goreng ke masnya, “mas, pesen mi goreng pake telor, terus mi-nya tolong dimasak ya.”

“Iya pasti dimasak lah mbak mi-nya. Masak mentahan” Kata masnya polos

“Maksudnya dimasak mateng” saya ngotot (maksud saya waktu itu sebenernya mau bilang, kalo saya suka mi yang masaknya kematangan alias yang agak ‘mblenyek’ gitu)

“Pasti mateng lah mbak, masak mau setengah matang.”

Hening.

Saya duduk di kursi. Tapi tetep mikir kalo masnya sebenernya belum nangkep maksud perkataan saya.

Saya berdiri lagi, ngeliat masnya lagi nyemplungin Mi

“Maksud saya mi-nya dimasak ampe mateeeeng banget mas, sampe .. um.. sampe.. mi nya lumer banget” jelas saya panjang lebar, saya mau pake kata ‘mblenyek’, nanti masnya nggak tahu maksudnya.

“Oh, maksud mbak sampe blenyek gitu yah?” kata masnya santai.

Saya: (angguk-angguk.) “maksud saya itu mas.hhheee…” *nyengir kuda

Ternyata kata ‘blenyek’ sudah universal sodara-sodara. Cuman masih belum di EYD-kan, harusnya pake ‘M’ atau tanpa ‘M’ ya didepannya?

Nah, pas masnya lagi masak, datanglah seorang bule cowok, pake polo shirt merah ama celana pendek yang ketat. I mean.. beneran ketat. Saking ketatnya sampe-ampe.. yah, you name it-lah..

Si Bule ini ngambil piring, terus ngambil gorengan,

“Ini isinya apa?” Tanya bulenya ke masnya sambil tunjuk gorengan.

“Itu pisang”

“Ini isinya?”

“Nanas”

“Ini?”

“Pisang”

“Kalo ini?”

“Nanas.”

“Ini?”


“Pokoknya yang disebelah sini pisang, yang disebelah sini nanas!” kata masnya mulai emosi

Saya :Mmfftt *nahan ketawa

Terus bulenya ngambil—entah berapa gorengan (yang jelas banyak), terus dia beralih ke telur asin,

“Ini matang?” bule nya nanya lagi

“Iya” kata masnya

“Harganya?”

“satunya dua ribu” kata masnya lempengdotcom.

Terus bulenya duduk. (untung nggak nanya ampe 3 kali kayak tadi)

Bulenya mulai makan. Saya ngamatin cara makan bulenya. Dia ngupas telur asin. Tau kan kalo telur asin dikupas tu pasti sebagian putih telurnya ada yang ikut kekelupas. Nah, pas si bule ngupas telur asinnya, dia terus ngerikitin putih telur yang nempel di cangkang telurnya (ini bule tumben kere). Dan dia dengan nikmatnya gitu membabat habis putih telur yang nempel di cangkangnya tiap kali dia ngupas telur.

Setelah beberapa lahapan, si bule mulai ngajak ngobrol masnya. Ini tidak saya alih bahasakan, bulenya emang udah lancar pake bahasa Indonesia.

Bule : “Mas, situ umur berapa?”

Masnya : “25”

Bule : “Sudah menikah?”

Masnya :“udah”

Bule : “Berapa lama?”

Masnya: “2 tahun”

Bule : “Berarti waktu umur 23?”

Masnya : “yes”—eh, masnya mulai pake bahasa inggris nih.

Bule :”Istri kerja dimana?”

Masnya : “She’s a teacher”

Bule : “Oh, guru… guru dimana?”

Masnya : “in… a,,, autism school”

Bule : “Dimana?” --> kayaknya bulenya nggak denger.

Masnya: “Autism.. she teach the autism” kata masnya pake bahsa ingggris yang agak belibet.

Bule : Oh… (nganggguk)à tapi saya yakin ni bule sebenernya masih belum ‘ngeh’ gara-gara nggak dengar. Masnya aja ngemengnya pelan banget.

Saya :MMmffft (lagi-lagi saya nahan ketawa)

Yang saya ketawain disini adalah, wong bulenya aja pake bahasa Indonesia, kenapa masnya gaya banget pake bahasa Inggris?!?

Bedewe, setelah hening beberapa saat, percakapan bule-masnya berlanjut:

Bule : “Kamu kuliah?”

Masnya: “Iya”

Bule :”Ngambil apa?”

Masnya:”Komunikasi.”

Bule : “Wah, samaa… saya juga komunikasi. Situ tahun keberapa?’

Masnya: “Tahun keenam”

Saya : hegh?!? *mau keselek

Bule : “Oh, saya tahun pertama, 2010.”

Saya : (membatin ke bulenya),”Suer lo 2010? Ko wajahnya udah kayak 2005?”

Bule ; “ 6 tahun kok belum lulus? Berarti situ 2004 kan”

Masnya : “Belum dilulusin dosennya. Hehe” masnya jawabnya santai aja, terus dia nanya lagi,

Masnya : “Kamu bisa bahasa Indonesia sudah lama disini?” tanaya masnya balik ke bule

Bule : “Ya.. lumayan lah”

Masnya : “Where are you from?”—lagi-lagi pamer bahasa inggris

Bule : “Tarantan”

Masnya : “Apa? Pakistan?”

Bule : “Tarantan”

Hening.

Masnya : “Emang ada Negara kayak gitu?”

Bule :”Ada.. so far away” kata bulenya cuek sambil makan gorengan.

Saya :kkekekeke.. (nunduk-nunduk nahan ketawa sambil ngebayar mi goreng)

Terus saya keluar Burjo sambil ketawa ngakak. What the hell was that?!

Saya nggak tahu siapa sebenarnya yang aneh di percakapan diatas. Tapi yang penting saya udah dapet mi goreng yang saya dambakan.. .

Goodbye bule lokal dan masnya yang kebule-bulean…

Itu ceritaku, apa ceritamu? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)