Rabu, 24 Agustus 2011

SCARLET NIGHT SERIES: a Fan Fiction Novel


Kali ini saya nge-review novel

Pasti belum pernah denger soal Scarlet night. Soalnya ini memang bukan novel yang dikeluarin sama penerbit resmi. Scarlet Night hanyalah sebuah Fan Fiction story, atau cerita yang dibuat oleh seorang fans terhadap idolanya. Istilah Fan Fiction mulai nge-hit sejak munculnya penggemar-penggemar K-Pop. Yup, Scarlet Night adalah FF(singkatannya Fan Fiction) yang dibuat oleh salah seorang fans Super Junior di Amerika. Novel ini sendiri saya peroleh dari blog penulisnya: autumn-nights.net (bisa dilihat di kolom worth to visit dibawah). Ini bukan FF yang pertama saya baca. Sudah sering saya baca FF buatan ELF Indonesia, dan rata-rata ceritanya (maaf) garing dan lempeng aja. mungkin saya belum nemu cerita yang bagus.*takut ditampar ama ELF Indonesia

Nah, kenapa saya rekomendasikan? Karena novel ini punya cerita yang unik dan nggak biasa. Kalau boleh saya gabung-gabung, ceritanya ada unsur twilight, let me in, brokeback mountain, dan a moment to remember. Ceritanya juga kompleks dan bener-bener kayak novel. Jelas prolog dan epilognya. Saya salut sama cheonsaa, penulis Novel ini. Blognya memang khusus berisi FF buatan dia, tapi yang satu ini yang menurut saya bagus buat dibaca. (karena yang saya baca baru novel yang ini doang sih.hehe)

Resume ceritanya kira-kira begini:

Seorang siswa SMA bernama Kyuhyun kembali ke sekolahnya, SJA (Shim Jang Academy) setelah 6 bulan menghilang karena ‘masalah kesehatan’. Ia harus mengulang senior year-nya karena ia telah ketinggalan banyak pelajaran. SJA sendiri adalah sekolah bagi the rich and famous. Hanya orang super kaya atau orang super pintar saja yang dapat bersekolah disitu.

Kyuhyun memiliki sahabat karib (yang seolah-olah seperti pacarnya) bernama Taeyeon. Dia adalah sahabat masa kecil Kyuhyun, dan juag sepupunya. Dia satahun lebih muda. Karena Kyuhyun mengulang , maka taeyeoun menjadi teman sekelasnya.

Di sekolah tersebut ada beberapa guru, hangGeng sebagai guru matematika, SungMin—guru baru biologi, dan ZhouMi—guru baru matemetika. Selain itu, ada juga Heechul sebagai school nurse yang nyentrik namun sangat diandalkan dalam menangani ‘masalah kesehatan’ Kyuhyun yang semakin memburuk. Dalam cerita ini ada juga Leeteuk sebagai kepala sekolah Park Joon Soo

Disini ceritanya Kyuhyun udah dibuang ama orangtuanya gara-gara ‘masalah kesehatan’nya. Namun, ia masih bisa ksekolah di SJA karena ia tergolong siswa yang jenius sehinggga mendapatkan keringanan bebas biaya sekolah.

Nah, terus apa konfliknya?

Konflik terjadi ketika diketahui bahwa ‘masalah kesehatan’ yang dialami Kyuhyun adalah karena ia adalah Korban pureblood vampire. Jadi Kyuhyun adalah seorang half-blood vampire. Namun ia menolak meminum darah manusia. Berbulan-bulan ia menolak tawaran Taeyeon yang bersedia menyerahkan darahnya. Namun Kyuhyun memilih meminum darah binatang atau makan roti tawar. Namun lama-kelamaan kondisi Kyuhyun memburuk karena ia makin lama tidak mau makan maupun minum. Ia begitu lemah terutama saat terpapar matahari. Disisi lain, guru bahasa yang baru—ZhouMi, mulai menaruh curiga pada muridnya yang satu ini. Entah mengapa ada ketertarikan dalam dirinya terhadap Kyuhyun. Begitu pula Kyuhyun, ia merasa bloodlust-nya selalu muncul jika berada di dekat ZhouMi.

Suatu hari, bloodlust Kyuhyun sangat memuncak. Ia meminta bantuan SungMin—guru biologi yang juga ternyata teman akrabnya dimasa kecil, untuk bersembunyi di kamarnya tiap kali bloodlust-nya kambuh. SungMin yang sangat menyayangi Kyu sebagai sahabat bersedia membantu.

Dalam suatu kesempatan, saat kondisi Kyu memburuk, ZhouMi mendekati Kyuhyun dan memaksanya untuk meminum darah ZhouMi. Kyuhyun menolak dengan keras. Namun, dorongan kuat ZhouMi membuat Kyu akhirnya menyerah dan meminum darah manusia untuk pertama kalinya. Nyawanya terselamatkan berkat ZhouMi.

Hubungan antara Kyuhyun dan ZhouMi awalnya tidak berjalan dengan mudah. Setelah kejadian pertama, Kyuhyun selalu menghindari ZhouMi. ZhouMi merasa kecewa dan gelisah akan sikap muridnya yang hanya terpaut dua tahun olehnya ini. Ia pun tidak mengerti akan dirinya sendiri yang bersedia melakukan apa saya demi Kyu.

Suatu ketika Kyu menghilang dari SJA secara tiba-tiba. Seluruh sekolah mencarinya, namun tidak ada yang menemukan. Hingga akhirnya ZhouMi menemukannya diatas atap SJA—yang merupakan tempat terlarang bagi murid. Ia ditemukan dalam keadaan terkapar dan lemah. ZhouMi dengan sigap membawanya ke ruang perawat tempat heeechul bekerja.

Kyu kehilangan banyak darah dan tenaga. Ia juga mengalami patah tulang rusuk. Kejadian diatas atap adalah sebuah penyerangan oleh pihak tak dikenal. Kyu mengaku diserang dan dipukul habis-habisan ditasa atap. Kyu memang dikenal pendiam di SJA. Ia bahkan banyak membuat siswa lain iri sehingga ia sering di-bully oleh siswa nakal yang kaya disekolah itu.

Untuk mengobatinya, Kyu harus meminum banyak darah, sebab darah dapat membantu meregenerasi dan mempercepat penyembuhan tubuhnya. Namun Kyu menolak keras. Sebenarnya pertolongan dapat dilakukan melalui transfusi darah. Namun sayangnya golongnan darah Kyuhyun adalah A negative, yang merupakan golongan darah paling langka. Akhirnya ZhouMi meminta bantuan pada seseorang, yaitu Kyuri.

Kyuri adalah seorang head hunter dari Jepang. Ia sebenarnya berasal dari korea, hanya saja ia telah lama ditinggalkan orangtuanya di Jepang. Sedangkan ZhouMi, sebenarnya adalah seorang head hunter dari China, yang pergi ke SJA sebagai utusan dari the council dalam maksud menyamar untuk melindungi sekolah itu dari serangan vampir berikutnya. Sebelumnya, ZhouMi adalah head hunter yang dingin dan tak pandang bulu. Ia akan memburu vampir, baik yang pureblood maupun half-blood. Ia tidak peduli. Namun Kyuhyun telah mengubah pandangannya. Vampir half-blood yang satu ini berbeda dari yang lain…

Namun, tidak ada yang tahu bahwa ia adalah hunter. Kepala sekolah Park tak akan mengijinkan ada hunter di sekolahnya. Ia mengalami trauma terhadap hunter karena seorang haunter, sebelumnya telah membunuh boyfriend-nya Kangin, seorang guru di SJA yang telah menjadi half-blood vampire. Ia ingin melindungi Kyuhyun, sehingga ia hanya berusaha untuk mendatangkan orang dari council untuk menjaga keadaan sekolah. Setahu Leeteuk, Zhoumi hanyalah orang dari council biasa

Saat Kyuhyun bertemu Kyuri, mereka saling terkejut. Ternyata Kyuri adalah saudara kembar Kyuhyun yang lama tidak bertemu. Kyuhyun adalah seorang pengusaha kaya. Ia dan Kyuri adalah saudara kembar. Namun, orang tuanya tidak mau mengakui anak wanita demi nama baik dan penerus perusahaan. Oleh sebab itu orang tua Kyuhyun mengirim Kyuri kepada keluarga asuh di Jepang. Namun, pada kenyataannya, keluarga asuh Kyuri menelantarkannya dan ia ditemukan oleh the Council, lembaga yang menaungi Kyuri sebagai head hunter sekarang.

Kyuri awalnya sangat membenci Kyuhyun karena Kyu lah yang membuatnya dibuang oleh keluarganya. Awalnya ia tak mau membantu Kyuhyun. Namun, berkat ZhouMi yang meyakinkannya, Kyuri akhirnya mau membantu Kyu. Meskipun ia—yang memiliki golongan darah yang sama dengan Kyu—tetap menolak untuk melakukan transfusi untuk saudaranya yang sekarat itu.

Seiring berjalannya waktu, hubungan Kyuhyun dan Kyuri membaik. Kyuhyun ternyata tidak seperti yang dipikirkan Kyuri. Kyu sudah lama rindu akan saudara kandungnya ini. Ia pun sekarang juga menjadi korban orang tuanya karena ia juga ditelantarkan setelah orangtuanya tahu ia telah berubah menjadi half-blood vampire. Kyuri yang dingin dan keras kepala semakin dekat dengan Kyu juga atas bantuan Ki Bum, partner setia Kyuri yang juga kekasih Kyuri. Ki Bum yang tenang dan sabar menjadi penengah dalam hubungan mereka. Hingga akhirnya Kyuri mau mendonorkan darahnya untuk saudaranya.

Lama-kelamaan Kyuhyun pulih. Hubungan ia dan Zhoumi pun semakin dekat. ZhouMi akhirnya mengaku jika ia adalah hunter, bahkan seorang head hunter. Namun ZhouMi berjanji ia tak akan membunuh Kyuhyun karena ia sangat mencintainya. (oke, it’s sounds weird).begitu pula dengan Kyuhyun, ia pun sangat mempercayai ZhouMi. Ia sangat bergantung pada ZhouMi. Hanya dari ZhouMi lah ia mau meminum darah, dan hanya ZhouMi pula yang ada di hatinya. Oh ya, FYI, jika half-blood vanmpire meminum darah manusia, ia tak akan mengubah manusia itu jadi vampir juga. Hanya pureblood vampire yang dpapat mengubah seseorang jadi half-blood.

Seiring romance KyuMi (Kyuhyun ZhouMi) berlanjut. Ternyata Sungmin, telah lama menaruh perhatian pada Taeyeon. Mereka memang berteman sejak kecil. Namun SungMin tak pernah menyatakan perasaannya karena ia merasa Taeyeon sepertinya lebih menyukai Kyuhyun, meskipun Kyuhyun tak mungkin menjadi kekasihnya karena meraka adalah sepupu. Disisi lain sebenarnya Taeyeon juga menyukai SungMin sejak kecil. Namun, SungMin begitu tertutup dan sering menghindar. Hal ini membuatnya tidak yakin akan perasaannya. Hingga akhirnya mereka berdua saling mengakui perasaan masing-masing.

Konflik berlanjut ketika suatu malam Kyu bermimpi ia akan membunuh ZhouMi. Ia melihat darah dimana-mana dan tubuh ZhouMi berada didekatnya. Ia begitu ketakutan. Ia takut jika kebiasaannya yang telah meminum darah akan membangkitkan naluri vampirnya dan akhirnya ia bisa benar-benar menjadi liar dan tak terkendali. Yang paling ia takutkan jika ia nantinya harus membunuh orang yang dicintainya.

ZhouMi berulang kali meyakinkan bahwa tidak akan terjadi ap-apa, namun kekhawatiean Kyu membuatnya menjadi pemurung dan sering menghindari ZhouMi. Ia memilih menghindar daripada ia akan membahayakan ZhouMi. Suatu ketika misteri ini terpecahkan. Ternyata gambaran mimpi buruk Kyu hanyalah sekilas telepati yang ia dapat dari memori Zhoumi waktu kecil.

Half-blood vampire memiliki beberapa keunikan, Pertama, ia dapat membaca pikiran orang jika seseorang tersebut menyentuhnya, oleh sebab itu Kyu tidak ingin bersentuhan dengan siapapun. Ia tak ingin pikirannya terganggu oleh pikiran orang lain. Kedua, ia menjadi buta warna. Jika ia tidak meminum darah, ia akan buta warna total, bahkan jika pun sudah meminum darah, tidak semua warna dapat dilihatnya. Hanya darah dari orang yang ia cintai dan mencintainya saja yang dapat memberikan warna. Darah ZhouMi tlelah membuat Kyu mampu melihat kembali beberapa warna seperti Merah, kuning dan orange. Kyu sangat senang karena ia merasa begitu kesepian dengan dunia yang serba hitam-putih.

Ternyata pada saat masa kecil ZhouMi, saudara ZhouMi juga merupakan half-blood vampire. Namun karena ia masih kecil, ia tak mampu mengendalikan bloodlust-nya hingga ia membunuhn seluruh keluara ZhouMi. Namun Zhoumi berhasil melindungi diri dan pada akhirnya terpaksa membunuh adiknya. Wajah adik ZhouMi lah yang dikira Kyuhyun wajah ZhouMi karena mereka begitu mirip. Melihat hal ini, meraka berdua kembali lega.

Puncak konflik terjadi ketika pureblood vampire yang memangsa Kyuhyun setahun lalu tiba-tiba datang memburunya. ZhouMi dan beberapa hunter berusaha melindungi Kyu. Karena ia seorang head hunter, ia dapat memerintahkan anak buahnya untuk membunuh si pureblood dan menyelamatkan half-blood yang tak berdosa. Donghae dan Eunhyuk jadi hunter yang membantu melindungi Kyuhyun.

Perkelahian mereka sangat ketat. Vampir pureblood ini tidak mudah dikalahkan. Bahkan ia berhasil membunuh Donghae (tidaaaaakkk!!itu my donghae!!). Kyuhyun tak bisa tinggal diam melihat ini semua. Ia tak ingin orang lain menjadi korban demi melindungi dirinya. Maka ia pun berjuang melawan vampire tersebut bersama ZhouMi

_____________________________________________________________________________________

STOP BACA DISINI BUAT YANG G PINGIN TAHU AKHIRNYA.

Better yet, kalian baca aja dulu. Dan bersiaplah dengan akhir yang nggak biasa. Kalau kalian tipe orang yang kalo dikash tau endingnya jadinya g seru. Mending stop disini ya bacanya. Tapi kalau emang bener-bener….bener-bener penasaran ama akhirnya.. ini saya bocorin deh:

_____________________________________________________________________________________

Namun sayangnya, saat Kyu hendak menolong ZhouMi, ia ternyata dapat dikendalikan oleh si pureblood. Pureblood vampire dapat mengendalikan korbannya untuk menjadikannya tameng dan menyerang balik. Kyuhyun berusaha untuk mengontrol dirinya sendiri. Namun pengaruh yang begitu besar dari pureblood membuat ia jadi haus darah. Pada awalnya Zhoumi meminta Kyu untuk menurut saja dibawah kontrol pikiran si pureblood. Ia berharap dengan begitu vampir teersebut akan teralihkan dan ZhouMi dapat menyerang balik. Kyu pun bertingkah seolah ia berada di sisi Pureblood dengan meminum darah dari ZhouMi dan Ki Bum, ia menunggu waktu yang tepat saat vampir itu lengah, lalu kemudian menyerangnya.

Lalu tibalah saat dimana ZhouMi menahan vampir tersebut. KyuHyun berusaha mendekati vampir tersebut untuk menyerangnya. Namun sayangnya vampir tersebut mampu menyentuh Kyuhyun dan membaca pikiran Kyu sehingga ia akhirnya tahu bahwa Zhoumi adalah kekasih Kyu. Vampir tersebut berniat untuk membunuh keduanya.

ZhouMi makin bersikeras menahan vampir tersebut agar tak menyerang Kyuhyun. ZhouMi bahkan terkena gigitan si vampir. Saat vampir tersebut menghisap darahnya, ia lalu meminta Kyuhyun untuk menyerang vampir tersebut. Namun Kyuhyun tidak mau karena ia takut serangannnya akan mengenai ZhouMi. Namun ZhouMi terus memaksa selagi ia mampu menahan vampir terssbut. Akhirnya dengan berat hati Kyu menyerang keduanya dengan mengayunkan pisau hunter kearah ZhouMi hingga menembus tubuh vampir. Lalu, tentu saja...

ZhouMi terkena serangan tersebut!

Vampir tersebut sekarat dan terkulai lemas, sedangkan ZhouMi, ….ZhouMi harus pergi…!! (tears!). Ia meninggal di pelukan Kyu. Kyu sangat sedih akan kepergian ZhouMi. Pada saat terakhir sebelum kematian vampir-nya, ia berkata,

“Now you already lose the one you love. Now I will take the rest…”

Saya awalnya nggak ‘ngeh’ maksudnya ini apa, tapi habis itu saya sadar sesuatu ketika setelah beberapa saat Kyu duduk termenung didepan ZhouMi dan Ki Bum menepuk bahunya untuk menghibur Kyu, ia berkata,

“Who are you?”

OH NO! Kyu hilang Ingatan!! Ternyata vampire pureblood punya kemampuan khusus untuk mengambil memori dari korban yang pernah dimangsanya. Si pureblood, di detik terakhir selum dia amti, menggunakan kemampuan terakhirnya untuk emngambil semua memori Kyuhyun. Walhasil, Kyuhyun benar-benar lupa ingatan. Ia tidak lagi mengenal Taeyeon, SungMin, Heechul, Kyuri, bahkan ZhouMi… pada pada saat ia dirawat di kamar perawat, jenazah ZhouMi beraada di sebelahnya. Namun ia hanya mengamatinya tanpa mengetahu siapakan orang tersebut. (so saaaad… L)

Tambah nyesek lagi ketika kepala sekolah Park memutsukan untuk lebih baik mengembalikan Kyu ke orangtuanya. Ternyata orangtua Kyu mau menerima Kyu lagi. Karena Kyu hilang ingatan, mereka seperti dapat memulai segalanya dari awal. Maka ia menyetujui untuk membawa Kyu pulang. Taeyeon yang paling tidak terima. Selalma ini Kyu tinggal dirumahnya bersama keluarganya. Dan ia tidak ingin Kyu dimanfaaatkna oleh keluarganya.

Sebenarnya endingnya gitu doing. Tapi siapa yang g nyesek, jika kalian punya kekasih, saling mencintai, tiba-tiba salah satu meninggal dan yang lain bahkan nggak pernah ingat tentang dirinya. Kalo menurut saya itu lebih sakit daripada kita kehilangan seseorang dan masih punya kenangan tentang dia. Setidaknya kan kita masih punya kenangan indah sama orang tersebut.

Memories sometimes healing, even the hurtful one.

Tapi penulisnya baik hati ngasih epilog. Intinya, setahun kemudian Kyu memang masih belum inget apa-apa. Dunia kembali hitam putih karena ia tidak mendapat darah dari orang yang mencintainya. Namun, ia kembali menekuni hobinya, yaitu menggambar. Di scene yang terakhir, dia terlihat memandangi gambarnya, sketsa sebuah wajah yang tersenyum. Wajah yang kerap hadir dalam mimpinya namun tidak pernah nyata.Nyesek banget waktu dia bilang, “Will I ever meet you?”

Dan cerita ditutup dengan kata terakhir Kyuhyun pada gambar di pangkuannya,

“Let’s meet one day. Please.”

AAhhhhHh!!! Rasanya tuh..rasanya tuh…. Nyesek aja…Kyu bahkan masih berharap bertemu dengan seseorang itu yang notabene adalah ZhouMi—yang sebenarnya sudah ditemuinya—bahkan sekarang sudah meninggal!!!

_______________________________________________________________________________

Overall, ini novel keren dehh!!! Sampai-sampai Saya nggak sadar kalo saya bikin resensi sepanjang ini. Dan ini adalah novel bahasa inggris pertama yang saya baca sampai khatam, dalam waktu 3 hari! (karena nggak betah mentengin layar kompi lama-lama).

Ceritanya mengalir, dialognya asik, dan kalimatnya juga enak. Membuat saya betah dan makin penasaran. Oh ya, buat beberapa orang saya mau ngasih ALERT dulu:

1. Novel ini ada sexual content-nya. Saya sarankan 17+ aja ya yang baca. Bukan karena sexual content-nya ini loh saya suka ama novel ini (tapi jujur KyuMi moment-nya dapet banget!). Tapi dari segi ceritanya. Menurut saya yang beginian hanya bumbu-bumbu buat bikin pembaca tertarik saja. Dan oh ya, ini soal man-on-man relationship alias Maho. Jadi buat yang g setuju mending g usah baca, daripada merusak prinsip anda.

2. Language may offend. Kadang ada kata-kata kasarnya di dialog. Tapi menurut saya sih wajar-wajar saja. Di film-film malah lebih parah. Di novel ini paling cuma ada kata what the h*** atau what the f*** saja.

3. Character death. Buat yang g suka cerita sad ending atau nggak mau tahu kalau idola Suju kamu mati dan kamu jadi frustasi, mending g usah baca aja. kalo saya sih masih bisa tahan meski Donghae mati disini. Toh ini Cuma cerita.hehe

So, enjoy everyone! Review saya mungkin terlalu ‘bocor’ sampai nyeritain endingnya (yang harusnya g boleh). Tapi jujur deh, kudu baca!!! Asik banget buat santai dan well, memperkaya kosakata bahasa inggris tentunya.

PS: special thanks to Cheonsa who has made such a beautiful story!

5 komentar:

  1. :h numpang komen. Sy setuju soal fanfic elf indo yg rada garing, tp g smua kok. Trkhr sy bc fanfic ttg KyuNa, ceritany keren. Judulny sih RÉINCARNÉ {1st Phase} yg katanya terinspirasi Melissa de la Cruz – Blue Blood & Masquerade. Oke,kmbli k topik. Kok ceritany rada mirip m manga Vampire Knight y? Ada pureblood,halfblood yg g bs nularin infeksi, nolak mnm drh. Trs, endingny.. Tuh niru pilem WOLVERINE X-MEN kykny. Si wolv ga ingat m kekasihny sndri gr2 amnesia. MIRIP BGT!

    BalasHapus
  2. annyeong anonim (sayang bgt ga dikasi nama)... :h:

    iyaa.. saya juga pernah baca FF temen saya sendiri (lagi-lagi tentang KyuMi) yang bikin merinding.hehe. sejujurnya indonesian ELF cukup kreatif kok. tapi saya belum cukup pede bikin FF.hehe


    um..mungkin aja scarlet night juga terinspiraasi sama vampire knight dan wolverine x-men, karena saya belum baca komiknya jd mungkin saya nggak 'ngeh' kalo ceritanya sama. tapi kalau kamu baca sendiri novelnya, pasti seru.. mengalir aja dan gaya bahasanya mudah dimengerti. ya, at least quite entertaining dari segi cerita....

    oh iya, jika ingin pakai emoticon, jangan lupa tambahkan titik dua(:0 diakhirnya

    :l:

    BalasHapus
  3. Kakak.. Minta alamat buat download novelnya.. :D

    BalasHapus
  4. for Cyan Kyuhyun:
    annyeong... ini linknyaaa... silahkan dibaca :)

    http://www.autumn-nights.net/2009/12/00sn1-setting-sun.htm

    BalasHapus
  5. Kak,tuh ffnya bahasa inggris ya?

    BalasHapus

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)