Pages

Selasa, 14 Februari 2012

FIELD LAB: NEW FAMILY

Ada yang belum tahu Field lab (FL)? Field lab adalah lab / bagian dari FK UNS yang mengurusi kegiatan lapangan anak Pendidikan Dokter FK UNS. Mungkin sebagian FK lain ada yang tidak memiliki program field lab. Jadi Field lab merupakan kegiatan lapangan wajib buat anak FK di tiap semester dimana kita berkunjung ke puskesmas, melakukan penyuluhan, atau pemeriksaan sesuai dengan topik yang sedang kita lakukan. Tiap semester ada 1-2 topik Field lab sesuai dengan blok yang sedang kita jalani. Field lab sendiri merupakan program unggulan FK UNS, yang katanya cuma FK UNS yang yang punya (ehm!).semoga saja bisa jadi percontohan untuk FK lainnya yah… karena menurut saya kegiatan FL ini sangat bermanfaat buat melatih kita terjun ke lapangan, berhadapan langsung dengan masyarakat,mengetahui kinerja puskesmas, dan lain-lain. Dan yang paling penting, lewat kegiatan Field lab ini biasanya ke-solid-an suatu kelompok tutorial diuji. Intinya,FL bisa mempererat hubungan antar temen,atau malah bikin renggang, tergantung bagaimana kita menghadapi permasalahan selama di lapangan.

Field lab telah menjadi bagian dari saya sejak turunnya SK dekan tanggal 17 Januari 2012 sebagai asisten Field lab periode 2012-2013. (Gue dapet SK bo!). ada 8 asisten untuk periode ini, terdiri dari 6 asisten 2009 dan 2 asisten 2008. Sebenernya masih ada dua temen saya lagi yang juga asisten,tapi mereka baru akan ditugaskan setelah angkatan 2008 diwisuda tahun ini. 2 kata yang bisa menggambarkan perasaan saya saya saya akhirnya bisa diterima disini: SAYA BERSYUKUR!

So, apa sih sebenernya yang kita lakukan di FL? Ini Cuma sekedar share aja sih,karena ini merupakan pengalaman baru dalam hidup saya.(duile!)

Seperti layaknya asisten yang lain, tugas kita adalah membantu dosen pengelola Field lab untuk mengurus hal-hal berbau Field lab. Nah masalahnya, hal-hal yang berbau Field lab ini tidak sedikit. Kita tidak hanya mengurus teknis pelaksaan di lapangan,mengatur jadwal lapangan,pretes, dan postes, namun juga mengadakan seminar,lokakarya, dan workshop kegiatan yang berhubungan dengan FL, dimulai dari pembuatan TOR (Term of Reference) hingga taknis pelaksanaan.

Dari segi pekerjaan, kita juga dituntut untuk profesional karena FL langsung dikelola dibawah pertanggungjawaban dekan. Saya merasa seperti belajar ‘magang’ jadi pegawai disini. hehe. untungnya saya punya teman-teman yang baik dan saling membantu. Team work mutlak diperlukan untuk saling meng-cover satu sama lain.

Hal yang paling bikin saya ketawa adalah istilah yang kita pakai saat kerja di FL. Kalau asisten dosen lab lain bilangnya sedang ‘ngelab’, maka kita bilangnya sedang ‘ngantor’ karena basecamp kita adalah kantor Field lab yangterletak di Gedung F lantai 3. Saya ulangi: LANTAI 3. Jadi kita harus olahraga jantung naik tangga 3 tingkat. Hosh-hosh!

Field lab identik dengan dadak-lembur, maksudnya,pekerjaan yang datang tiba-tiba secara mendadak, kadang mengharuskan kita untuk lembur. Sejauh ini saya belum pernah kerja lembur sampai malem sih, tapi saya yakin waktu itu pasti akan tiba. Jam ngantor kita biasanya jam 8-5 sore. Tapi anak-anak biasanya datang jam 08.30-09.00 hingga sore jam 5. (dasar mental Indonesia : ngaret! hehe)

So,mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan mengenai overview soal Field lab. Sebenernya banyak banget hal yang terjadi, tapi masa mau diceritain semua? hehe. yang jelas,saya menikmati pekerjaan disini,dan saya sekarang punya keluarga baru di Field lab yang saling bekerjasama, kerja bareng-bareng, dan saling melengkapi. Saya perkenalkan saja ya keluarga baru saya:

1. Yudho

Ini dia kordinator Asisten Field lab. Sangat dapat diandalkan hingga ga ulih-ulihan (maksudnya ga pulang-pulang). Siap sedia standby jaga kantor from dusk till dawn (pak satpam dong).Haha. Yudho yang biasanya ngajakin kita rapat, ngobrol, dan koordinasi. Emang diperlukan koordinasi yang baik biar lancar dan ga ada salah paham. Dia juga bisa jadi orang yang menjembatani asisten dengan Bu Diffah,koordinator FL. Semangat yudh! We’re right behind you! (baca: kita siap makakke kamu).hehe

2. Ali

Biasa dipanggil padhe ali. Kelebihan hormone androgen kayaknya, hingga kumisnya kemana-mana. Hehe. Spesialis SKP idi. Kemana-mana bawa headset, bisa dibilang music berjalan. Tapi selera musiknya bener-bener jadul punya. Ruang FL dipenuhi lagunya Queen, Ebith G.Ade, Obie Mesakh, Kla Project dan angkatan jadul lainnya.

3. Hima

Tinggi, jangkung, cepet ngilang.Haha. Kalau misal ada kerjaan numpuk, ekspresinya ga bisa disembunyiin. Pusing bener deh kelihatannya. Penerima segala tugas FL mulai dari TOR hingga lain-lainnya.

4. Anita

BEndahara dan spesialis keuangan di FL. Urusan surat-menyurat adalah bagiannya anita. Kalem sih (kayaknya) dan bersedia membantu pekerjaan temen-temen yang lain.

5. Sofi

Selalu kebagian TOR-TOR ‘berat’dan yang suka bikin FL jadi lebih rame. Kerja cepat dan tepat, tapi ekspresi muka sedikit menyeramkan (baca: jutek). Tapi sebenarnya Sofi baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung kok. Hehe #takutdigampar

6. Saya

Berfungsi sebagai pelengkap (standar banget ya?).haha. dipercaya mengurusi hal-hal berbau IT, desain, dan yang digital-digital (maksudnya apa).padahal ga pinter2 corel banget, tapi, yah,diniatin aja sambil belajar.semangat!

7. Mas nanung

Asisten tetuo. Coordinator FL periode sebelumnya. Mas nanung yang ngasih pengarahan ke kita mengenai tugas apa aja yang biasa dilaksanain, biasanya gimana, dan ngajarin kita banyak hal. Kalo di korea, istilahnya sunbae-nim (senior) gitu laah. Bedanya,Mas NaNung adalah sunbae yang geje.

8. Mbak venda

Ini juga asisten tetuo.kalo mbak venda adalah yang ngajarin kita soal surat-menyurat, administrasi dan keuangan, gimana caranya jadi notulen dan MC, dll. Pinkholic, ceriwis dan selalu bilang ‘mayak’ ke Yudho dan Ali. Mohon bimbingannya mbak.

Ada dua lagi sebenernya, Asti dan irwan. Mungkin akan saya ceritakan lain kali ya, saat kita udah kerja bareng.Oh iya, Iseng-iseng saya bikin avatarnya temen-temen. Ga begitu mirip sih, tapi lumayanlah.. cekibrot:

My Field lab Family:


2 komentar:

leave your trace here. tinggalkan komentar disini ^^
Jika ingin menggunakan emoticon diatas, jangan lupa hurufnya diapit oleh titik dua (:) yah
pilih profil sesuai ID kamu atau pilih name/url, url boleh kosong kok :)